Oleh: Siti Khadijah Ibrahim (Dosen FITK UIN Jakarta)
TUJUAN DAN RUANG LINGKUP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Tujuan Mata pelajaran PAI
secara terperinci adalah sebagai berikut: adalah:
No.
|
Unsur Mata
Pelajaran PAI
|
Tujuan
|
1
|
Al-Qur'an
|
· Meningkatkan kecintaan peserta didik
terhadap al-Qur'an
· Membekali peserta didik dengan
dalil-dalil yang terdapat dalam al-Qur'an sebagai
pedoman dalam menyikapi dan menghadapi kehidupan
· Meningkatkan kekhusyukan peserta didik
dalam beribadah terlebih salat, dengan menerapkan hukum bacaan tajwid serta
isi kandungan surat/ayat dalam surat-surat pendek yang mereka baca
|
2
|
Akidah-Akhlak
|
· Menumbuhkembangkan
akidah melalui pemberian, pemupukan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pe-ngalaman peserta didik tentang
akidah Islam sehingga menjadi manusia muslim yang terus berkembang keimanan
dan ketakwaannya kepada Allah SWT;
· Mewujudkan manusia Indonesia yang
berakhlak mulia dan menghindari akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari,
baik dalam kehidupan individu maupun sosial, sebagai manifestasi dari ajaran
dan nilai-nilai akidah Islam
|
3
|
Fiqih/Ibadah
|
· Membekali peserta didik agar dapat:
(1) mengetahui dan memahami pokok-pokok hukum Islam dalam mengatur ketentuan
dan tata cara menjalankan hubungan manusia dengan Allah yang diatur dalam
fikih ibadah dan hubungan manusia dengan sesama yang diatur dalam fikih
muamalah. (2) Melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar
dalam melaksanakan ibadah kepada Allah dan ibadah sosial. Pengalaman tersebut
diharapkan menumbuhkan ketaatan menjalankan hukum Islam, disiplin dan
tanggung jawab sosial yang tinggi dalam kehidupan pribadi maupun sosial
|
4
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
· Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya mempelajari landasan ajaran, nilai-nilai dan norma-norma
Islam yang telah dibangun oleh
Rasulullah saw dalam rangka mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam.
· Membangun kesadaran peserta didik
tentang pentingnya waktu dan tempat yang merupakan sebuah proses dari masa lampau, masa kini,
dan masa depan.
· Melatih daya kritis peserta didik untuk
memahami fakta sejarah secara benar dengan didasarkan pada pendekatan ilmiah.
· Menumbuhkan apresiasi dan penghargaan
peserta didik terhadap peninggalan sejarah Islam sebagai bukti peradaban umat
Islam di masa lampau.
· Mengembangkan kemampuan peserta didik dalam mengambil ibrah
dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh
berprestasi, dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik,
ekonomi, iptek dan seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan
peradaban Islam.
|
RUANG LINGKUP PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam meliputi keserasian, keselarasan, dan
keseimbangan antara hubungan manusia dengan Allah SWT, hubungan manusia dengan
sesama manusia, dan ketiga hubungan manusia dengan dirinya sendiri, serta
hubungan manusia dengan makhluk lain dan lingkungannya. Ruang
lingkup Pendidikan Agama Islam juga identik dengan aspek-aspek Pengajaran Agama
Islam karena materi yang terkandung didalamnya merupakan perpaduan yang saling
melengkapi satu dengan yang saling melengkapi satu
dengan yang lainnya.
Cakupan tersebut
setidaknya menggambarkan bahwa ruang lingkup Pendidikan Agama Islam diharapkan
dapat mewujudkan keserasian, keselarasan dan keseimbangan hubungan manusia
dengan Allah SWT, diri sendiri, sesama manusia, makhluk lainnya maupun
lingkungannya.
Masing-masing mata pelajaran tersebut saling
terkait dan saling melengkapi. Al-Qur'an merupakan sumber utama ajaran Islam, dalam
arti ia merupakan sumber akidah-akhlak, syari’ah/fikih (ibadah, muamalah),
sehingga kajiannya berada di setiap unsur tersebut. Akidah (usuluddin) atau
keimanan merupakan akar atau pokok agama. Syariah/fikih (ibadah, muamalah) dan
akhlak bertitik tolak dari akidah, yakni sebagai manifestasi dan
konsekuensi dari akidah (keimanan dan keyakinan hidup). Syari’ah/fikih
merupakan sistem norma (aturan) yang mengatur hubungan manusia dengan Allah,
sesama manusia dan dengan makhluk lainnya. Akhlak merupakan aspek sikap hidup
atau kepribadian hidup manusia, dalam arti bagaimana sistem norma yang mengatur
hubungan manusia dengan Allah (ibadah dalam arti khas) dan hubungan manusia
dengan manusia dan lainnya (muamalah) itu menjadi sikap hidup dan kepribadian
hidup manusia dalam menjalankan sistem kehidupannya (politik, ekonomi, sosial,
pendidikan, kekeluargaan, kebudayaan/seni, iptek, olahraga/kesehatan, dan
lain-lain) yang dilandasi oleh akidah yang kokoh. Sejarah Kebudayaan Islam
merupakan perkembangan perjalanan hidup manusia muslim dari masa ke masa dalam
usaha beribadah, bermuamalah,
dan berakhlak serta dalam
mengembangkan sistem kehidupannya yang dilandasi oleh akidah.
Sedangkan ruang
lingkup pada setiap unsur matapelajaran PAI
adalah sebagaimana tabel berikut:
No.
|
Unsur Matapelajaran PAI
|
Ruang Lingkup Kajian
|
1
|
Al-Quran
|
Lingkup kajiannya tentang membaca Al-Quran dan mengerti arti
kandungan yang terdapat di setiap ayat-ayat Al-Quran. Akan tetapi dalam prakteknya hanya ayat-ayat
tertentu yang di masukkan dalam materi Pendidikan Agama Islam yang
disesuaikan dengan tingkat pendidikannya dan beberapa hadist terkait.
|
2
|
Aqidah
|
Lingkup kajian tentang aspek kepercayaan menurut ajaran Islam, dan inti dari pengajaran ini adalah tentang
rukun iman.
|
3
|
Akhlak
|
Lingkup kajian mengarah pada pembentukan jiwa, cara bersikap
individu pada kehidupannya dalam mencapai akhlak ba
|
4
|
Fiqih/Ibadah
|
Lingkup kajian tentang segala bentuk ibadah dan tata cara
pelaksanaannya, tujuan dari pengajaran ini agar peserta didik mampu
melaksanakan ibadah dengan baik dan benar. Mengerti segala bentuk ibadah dan
memahami arti dan tujuan pelaksanaan ibadah. Juga materi tentang segala bentuk-bentuk hukum Islam
yang bersumber pada Al-Quran, sunnah, dan dalil-dalil syar’i yang lain.
Tujuan pengajaran ini adalah agar peserta didik mengetahui dan mengerti
tentang hukum-hukum Islam dan melaksanakannya dalam kehidupan sehari-hari
|
5
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
Lingkup kajiannya tentang pertumbuhan dan perkembangan agama
Islam dari awalnya sampai zaman sekarang sehingga peserta didik dapat
mengenal dan meneladani tokoh-tokoh Islam serta mencintai agama Islam
|
No.
|
Unsur Matapelajaran PAI
|
Penekanan Kemampuan
|
1.
|
Al-Qur'an
|
Penekanan pada kemampuan baca tulis yang baik dan benar, memahami
makna secara tekstual dan kontekstual, serta mengamalkan kandungannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
2.
|
Aqidah
|
Penekanan pada kemampuan memahami dan
mempertahankan keyakinan/ keimanan
yang benar serta menghayati dan mengamalkan nilai-nilai al-asma’ al-husna
|
Akhlak
|
Penekanan pada pembiasaan untuk melaksanakan
akhlak terpuji dan menjauhi akhlak tercela dalam kehidupan sehari-hari
|
|
4.
|
Fikih
|
|
5.
|
Sejarah Kebudayaan Islam
|
Penekanan pada kemampuan mengambil ibrah dari
peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), meneladani tokoh-tokoh berprestasi,
dan mengaitkannya dengan fenomena sosial, budaya, politik, ekonomi, iptek dan
seni, dan lain-lain untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar